Nana Baking

Cetakan Lontong / Lopis

0
Rp15.000 / pcs
1 set isi 4 Rp50.000

Cara membuat lontong

Bahan :
Daun pisang kepok atau klutuk yang tidak terlalu tua, lalu potong-potong sesuai dengan ukuran cetakan lontong yaitu sekitar 15 cm (lebih sedikit beberapa cm dr ukuran cetakan sebenarnya.
Beras yang berkualitas baik, rendam dalam air dingin selama 1 jam atau lebih. Tidak perlu lidi yaaaa...
Air panas dan dingin secukupnya

Cara membuat :
Ambil satu lembar daun pisang (disini penghematan daun pisang dimulai, karena dgn cara biasa, kita perlu 2 lapis daun pisang) menjadi menyerupai silinder dan masukkan kedalam cetakan, jangan lupa tutup dan kunci bagian bawah nya. Kenapa masih pakai daun pisang? Aroma daun pisang tuh bikin lontong memiliki aroma lebih sedap dan wangi yang khas.(buatlah beberapa sekaligus, sesuai kebutuhan)
Isi silinder atau gulungan daun pisang yang sudah dibuat dengan beras yang sudah direndam dan tiris, dengan jumlah takaran setengah(1/2) gulungan. Tutup dan kunci bagian atas nya.
Masukkan bakal lontong kedalam panci dengan posisi berdiri. Tambahkan air dingin sampai bakal lontong terendam dengan air seluruhnya. Rebus dengan api sedang. Setelah 2 jam direbus, tambahkan air panas sampai lontong terendam kembali seluruhnya.
Rebus lontong sampai memadat dan kenyal. Angkat lontong dan ditiriskan dengan posisi berdiri dan diangin-anginkan supaya dingin. Jika sudah agak dingin, keluarkan dari cetakan. Gampang kan? Dan lontong nya jadi seragam semua ukurannya.

Ukuran cetakan:
Panjang tabung 15 cm. Diameter 4 cm. Berat  kurang lebih 40gram. Cetakan juga bisa digunakan untuk membuat kue Lopis.

0 comments:

Post a Comment